Sinkronisasi Satu Data Kota Probolinggo untuk Mendukung Program Satu Data Indonesia

Pemerintah Kota Probolinggo melalui Bappedalitbang Kota Probolinggo menggelar Sosialisasi Pengumpulan Data yang diinputkan ke dalam aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) e – Walidata dan e Data Base. Kegiatan yang dihadiri oleh Perwakilan dari seluruh PD di lingkungan Kota Probolinggo khusunya bagi Perencana dan operator penginput di masing masing PD ini, merupakan langkah konkret dalam mendukung program nasional, yaitu Satu Data Indonesia (SDI).

Mengawali acara, Kepala Bidang Perencanaan, Pengendalian, dan Evaluasi Pembangunan Daerah (Rendalev), Retno Ambarwati, mengatakan bahwa SIPD E-Walidata dan E – Data Base merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri, Dirjen Bina Pembangunan Daerah.

Dalam Aplikasi tersebut terdapat elemen data yang harus disediakan oleh setiap Daerah melalui PD Pengampu yang merupakan Produsen Data.

“Kemudian data yang diinputkan melalui SIPD E-Walidata ini juga nanti menjadi dasar penyusunan dokumen perencanaan daerah mulai dari RPJPD, RPJMD dan RKPD” Sahutnya

Dilanjutkan oleh Bu Evi, sebagai perwakilan dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) selaku Walidata Kota Probolinggo, menekankan urgensi pengisian data. Seluruh dinas/instansi terkait diminta segera melakukan input data paling lambat hingga tanggal 16 November 2023. Selanjutnya Data yang telah diinput melalui aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) – e Walidata ini akan dilakukan verifikasi by sistem di SIPD oleh Diskominfo selaku Walidata.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tata cara pengisian data melalui SIPD e-walidata yang akan dilakukan oleh setiap dinas. Anita, bagian Rendalev, menjelaskan bahwa ada dua tugas utama yang harus segera diselesaikan, yaitu penginputan data pada E-Database dan SIPD E-Walidata.

Kegiatan ini menegaskan komitmen untuk menggalang sinergi antara berbagai pihak terkait dalam pengumpulan data yang valid, terintegrasi, dan terupdate. Sinkronisasi Satu Data Kota Probolinggo menjadi landasan penting dalam mendukung program nasional yang akan memberikan dampak besar dalam perencanaan dan pengambilan keputusan untuk kemajuan Kota Probolinggo.

Diharapkan, melalui upaya kolaboratif ini, implementasi Satu Data Kota Probolinggo akan memberikan fondasi yang kuat bagi perencanaan strategis dan program pembangunan yang lebih tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan arah pembangunan nasional.

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami bappedalitbang@probolinggokota.go.id

× LAYANAN ONLINE