SEPAKATI HASIL FORUM SKPD BIDANG SOSIAL BUDAYA

03 20 2017 Forum SKPD bidang SOSBUD

Musrenbang Kelurahan telah dilaksanakan, begitupun dengan Musrenbang Kecamatan yang minggu lalu sudah rampung diselenggarakan. Untuk lebih mengkerucutkan usulan prioritas, maka Bappeda Litbang pagi ini (20/03), menyelenggarakan forum SKPD bidang Sosial Budaya, yang dilaksanakan di ruang rapat Bakesbanglinmas.

Perlu diketahui, forum SKPD merupakan forum koordinasi antara pelaku pembangunan untuk mambahas prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil musrenbang kecamatan dengan SKPD, serta menyusun dan menyempurnakan Rencana Kerja SKPD. “Forum ini dibentuk guna memperlancar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Kota Probolinggo 2018” buka M. Sonhadji, Sekretaris Bappeda Litbang Kota Probolinggo, dalam sambutannya.

Dan bertujuan untuk mensinergikan prioritas program dan kegiatan pembangunan hasil musrenang kecamatan dan rancangan Renja SKPD, menetapkan program prioritas dan kegiatan pembangunan dalam Renja SKPD, serta menyusun prioritas Renja SKPD dan alokasi anggaran indikatif SKPD dengan mengacu pada dokumen Rancangan Awal RKPD. “Hal – hal yang sudah dilakukan adalah penyusunan rancangan prioritas pembangunan Tahun 2018, Musrenbang Kelurahan dan Kecamatan, serta penyusunan rancangan renja SKPD” ujar Sonhadji, mantan Kepala Bidang Sosial Budaya pada Bappeda Kota Probolinggo.

Dilanjutkan tentang pembahasan Standar Pelayanan Minimalatau disingkat dengan SPM, yang terbagi atas 2 jenis layanan dasar bidang pendidikan, 12 jenis layanan dasar bidang kesehatan, 5 jenis layanan dasar bidang Trantibumlinmas dan 5 jenis layanan dasar bidang sosial.

Setelah dilakukan pembahasan dan diskusi, maka disepakati beberapa usulan. Usulan Dinas Sosial, bahwa ada jaminan dan perlindungan sosial bagi lanjut usia dengan bentuk nutrisi dan bantuan peralatan lanjut usia. Selain itu, rehabilitasi sosial berupa bantuan kursi roda, pelatihan dan pembinaan disabilitas. Dan pemberdayaan sosial yang diwujudkan dalam kegiatan pelatihan kerajinan tangan bagi ibu – ibu dan fakir miskin, juga bantuan peralatan usaha bagi fakir miskin.

Usulan Dinas Kesehatan, meliputi pelayanan kesehatan UKS, Pelayanan usia lanjut, Penyuluhan masyarakat pola hidup sehat dengan penambahan usulan Operasional Kader Posyandu, penyusunan peta informasi masyarakat kurang gizi, pemeliharaan dan pengawasan kualitas lingkungan, pelayanan pencegahan dan penanggulangan penyakit menular dengan penambahan usulan Operasional Kader Jumantik, serta pencegahan dan pengendalian penyalahgunaan NAPZA.

Usulan Bakesbangpol berupa penyuluhan dan pencegahan miras narkoba, yangberlokasi di Kelurahan Triwung Kidul, Kelurahan Kademangan dan Kelurahan Pilang. Sedangkan usulan Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, yakni pemberantasan buta aksara dan penyelenggaraan pendidikan kesetaraan paket A, B dan C.

Juga telah ditambahkan sarandari Lembaga Pemberdayaan Masyarakat, antara lain anggaran untuk pendidikan agar lebih dimanfaatkan secara efektif untuk menghindari pungutan liar yang mengatasnamakan komite di sekolah- sekolah. Dan juga, semua kegiatan yang baik dilaksanakan di seluruh kelurahan meskipun tidak masuk ke dalam Simral bisa menjadi rencana kegiatan di SKPD.

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami bappedalitbang@probolinggokota.go.id

× LAYANAN ONLINE