Musrenbang Tingkat Kecamatan

Musrenbang merupakan forum antar para pelaku pembangunan dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pembangunan Daerah. Pelaksanaan Musrenbang tingkat Kecamatan ini merupakan tindak lanjut dari musrenbang tingkat kelurahan yang sudah di laksanakan sebelumnya. Untuk itu perlu adanya sinkronisasi agenda dan prioritas pembangunan Kelurahan dengan  prioritas Pembangunan di wilayah Kecamatan.
Keterlibatan warga masyarakat dan pemerintahan di tingkat kelurahan, kecamatan hingga ke tingkat Kota untuk mengusulkan program pembangunan 2016 sangat penting.
 Senin (16/3) kemarin, selama satu minggu antara tanggal 9 Maret sampai 16 Maret 2015. Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Kota Probolinggo membahas berbagai macam usulam melalui program Musrenbang (Musyarawah Perencanaan Pembangunan) 5 tingkat kecamatan.
Kepala Bappeda Kota Probolinggo, Imanto menyampaikan Pertumbuhan Pembangunan di Kota Probolinggo yang semakin pesat baik dibidang fisik, ekonomi maupun sosial budaya membuktikan dampak bagi kemajuan Kota Probolinggo. Namun perkembangan pembangunan yang pesat menimbulkan berbagai masalah terutama kepadatan arus lalu lintas, masalah kependudukan, pencemaran lingkungan, masalah persampahan dan masalah sosial ekonomi lainnya. Untuk mengatasi permasalahan diperlukan perhatian dan penanganan yang serius dari pihak terkait yaitu Pemerintah, Swasta dan Masyarakat untuk mencarikan solusi dalam menangani masalah. Dan melalui musrenbang Kecamatan ini diharapkan dapat memperhatikan serta merencanakan usaha-usaha dan program-program menyentuh kepentingan masyarakat. Kunci keberhasilan dan setiap upaya pembangunan tidak lepas dari peran serta masyarakat secara aktif dalam proses perencanaan, pengendalian dan pemeliharaan.
“Pekerjaan kita kedepan memang tidak ringan  karena itu kami berharap musrenbang tingkat kecamatan yang diadakan pada hari ini dapat menghasilkan  program Perencanaan  yang  benar-benar super prioritas,  realistis dan berkualitas berdasarkan kebutuhan masyarakat. Karena itu mari kita manfaatkan musrenbang ini dengan sebaik-baiknya  agar berdaya guna dan berhasil dengan sasaran akhir terwujudnya  peningkatan kesejahteraan dan pelayanan publik seperti yang kita harapkan selama ini.” Kata Kepala Bappeda Imanto
×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami bappedalitbang@probolinggokota.go.id

× LAYANAN ONLINE