Diah Sajekti Sosialisasikan Konsep Inklusi di Hadapan Warga Kelurahan Kademangan


KADEMANGAN – Kepala Bappeda Litbang Kota Probolinggo, Dyah Sajekti Widowati Sigit menghadiri Pelatihan Perspektif GEDSI dan Inklusi Sosial bagi stakeholder Kelurahan. Dalam kegiatan yang berlangsung di Gedung Pertemuan Balai Latihan Kerja (BLK) Disnaker Kota Probolinggo hadir pula Lurah Kademangan, Bagus Prasetyo.

Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Yayasan PPDIS (Pelopor Peduli Disabilitas Situbondo) dengan Bappeda Litbang Kota Probolinggo yang bertujuan untuk menguatkan program inklusi di kota setempat. Bertajuk Pelathan GEDSI, Diah mengatakan sesuai dengan namanya, pada kesempatan ini stakeholder yang terdiri dari ketua RW, tokoh masyarakat, PKK akan mendapatkan pengetahuan mengenai apa itu inklusi.

“Tahun 2024 ini Kota Probolinggo akan menjadi kota inklusi. Di mana lingkungan yang sosial yang ingin dibangun adalah lingkungan sosial masyarakat yang terbuka, ramah, meniadakan hambatan dan menyenangkan,” jelasnya.

Diah menyadari bahwa isu ini mungkin terdengar baru bagi sebagian orang. Karena tak banyak yang memahami dengan benar apa itu inklusi. “Jadi inklusi itu sederhananya bukan memberikan akses khusus bagi penyandang disabilitas. Namun bagaimana penyandang disabilitas atau difabel ini diberikan hak yang setara. Kalau ada pelatihan ada peserta yang berasal dari kelompok disabilitas ini yang ikut serta. Bukan mereka yang difabel mendapat pelatihan khusus. Sehingga semangat yang diusung adalah kesetaraan,” jelasnya di hadapan ratusan peserta.

Lebih jauh dalam materi yang dipaparkannya, Diah mengatakan bahwa ada empat komponen penting dalam Kota Inklusif. Ada partisipasi difabel, ketersediaan layanan hak-hak difabel, pemenuhan aksesibitas dan sikap inklusif warga kota. “Salah satu caranya melalui pelatihan ini,” ujarnya.

Bappeda Litbang sendiri menurut Diah, sedikit demi sedikit memperbaiki lingkungan kantor agar semakin ramah disabilitas. “Bidang miring di Bappeda Litbang telah diperbarui. Jadi tentu kita berharap semua nantinya akan semakin ramah untuk disabilita,” pungkasnya.

Kegiatan yang ditujukan bagi warga Kelurahan Kademangan ini, akan dilaksanakan dalam dua hari. (ram/*)

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami bappedalitbang@probolinggokota.go.id

× LAYANAN ONLINE