Rapat Koordinasi Pelaporan Pelaksanaan Aksi HAM B08 di Kota Probolinggo Tahun 2023

Probolinggo, 5 September 2023 – Hari Selasa, mulai pukul 08.30 WIB, bertempat di Ruang Rapat Lantai 2 BAPPEDA LITBANG Kota Probolinggo diselenggarakan Rapat Koordinasi Pelaporan Pelaksanaan Aksi HAM B08 melalui Sistem Aplikasi Pelaporan Aksi (SAPA HAM). Rapat ini dipimpin oleh Kepala Bidang PPM Kesra BAPPEDA LITBANG Kota Probolinggo, “Umar Hidayat,” dan dihadiri oleh beberapa Perangkat Daerah terkait AKSIHAM, antara lain Bagian Hukum, Dinsos PPPA, Dinkes PPKB, DKUMP, Dinas Pendidikan & Kebudayaan, Dispendukcapil, serta Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja.

Materi utama yang dibahas dalam rapat ini adalah evaluasi terhadap pelaksanaan AKSIHAM di Kota Probolinggo. Kabid PPM, dalam penyampaiannya, mengungkapkan bahwa hasil capaian AKSIHAM tahun 2022 untuk Kota Probolinggo masih memperoleh nilai merah, dengan perhitungan rata-rata capaian  (B04 + B08 + B12)/3 untuk tiap Aksi sebagai berikut:

  • Aksi 1: 54,3
  • Aksi 2: 47,3
  • Aksi 3: 50,8
  • Aksi 4: 47,5
  • Aksi 5: 24,8
  • Aksi 6: 49,8

Dalam pelaporan Aksi HAM Kabupaten/Kota, Bagian Hukum bermitra dengan BAPPEDA LITBANG. Penilaian AKSIHAM 2023 meliputi penilaian administrasi (40%) dan capaian target (60%). Administrasi melibatkan penilaian kelengkapan data pendukung yang dikirimkan oleh Pemerintah Daerah melalui aplikasi SAPAHAM. Data pendukung harus sesuai dengan format pelaporan yang telah disahkan oleh pejabat berwenang.

Penilaian capaian target adalah penilaian terhadap keberhasilan dan kesesuaian substansi pada data dukung setiap caturwulan (B04, B08, B12). Panitia Nasional RANHAM menetapkan standar penilaian untuk setiap aksi HAM Kementerian/Lembaga/Daerah yang dilakukan pada tahun 2023.

Keterkaitan dengan hal ini, Bagian Hukum telah mengirimkan permintaan data pelaporan RANHAM Periode B08 Tahun 2023 ke Perangkat Daerah terkait pada tanggal 15 Agustus 2023. Sebagian besar data dukung telah dipenuhi, namun ada beberapa PD yang memang belum lengkap mengumpulkan data tersebut. Proses selanjutnya melibatkan verifikasi data lalu dilakukan tahapan input pada aplikasi SAPAHAM oleh Bidang PPM Kesra.

Perihal pelaksanaan AKSIHAM, sinergi lintas PD sangat diperlukan. mulai Aksi 1 sampai Aksi 7 terbuka kemungkinan sinkronisasi kerja sama antar beberapa PD terkait, mengingat memang beberapa data tidak murni bersumber dari satu PD tertentu sehingga perlu adanya pemaduan dan olah data.

Bahwa salah satu kendala kegiatan ini adalah pentingnya alokasi sejumlah anggaran untuk mendukung indikator-indikator yang ditempuh melalui langkah-langkah tertentu, semisal Sosialisasi, Kunjungan/konfirmasi maupun penyusunan serta proses olah data tersebut, maka satu hal yang mengemuka pada RAKOR ini adalah PD pelaksana perlu mengidentifikasi kodefikasi belanja yang diperlukan dan mengajukannya ke Pimpinan agar dapat dimasukkan ke dalam usulan Renja.

Namun, ada juga kendala lain yang dihadapi, misalnya masih ada indikator tertentu yang masuk ranah informasi yang dikecualikan sebagaimana amanat UU Keterbukaan Informasi, maka hal ini nantinya perlu adanya solusi tertentu, dimana pada satu sisi kebutuhan data tetap dipenuhi namun pada kolom kendala dicantumkan pula perihal pengecualian informasi dimaksud.

Khusus Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja, terdapat harapan agar informasi terkait materi AKSIHAM yang perlu disampaikan ke perusahaan bisa diketahui lebih awal sebelum pelaksanaan kegiatan, sehingga materi yang disampaikan ke perusahaan sesuai dengan pelaporan AKSIHAM yang diharapkan.

Sebagai langkah tindak lanjut, beberapa hal/bahasan telah disepakati dalam rapat ini :

  1. Melakukan koordinasi lebih lanjut ke Perangkat Daerah yang belum mengumpulkan data dukung dengan batas pengumpulan paling lambat hari Rabu, 6 September 2023.
  2. Melakukan verifikasi terhadap data dukung yang telah dikirimkan ke Bagian Hukum.
  3. Melakukan penginputan data ke Aplikasi SAPAHAM pada Hari Kamis, tanggal 7 September 2023.

Rapat ini menegaskan pentingnya kolaborasi antar PD dalam pelaksanaan AKSIHAM sekaligus komitmen untuk memperbaiki capaian AKSIHAM di Kota Probolinggo, serta dukungan Pimpinan berkenaan alokasi anggaran pendukung.

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami bappedalitbang@probolinggokota.go.id

× LAYANAN ONLINE