Kita Bersama. Kita Bisa, Menjadikan Kota Probolinggo Ramah Disabilitas

BAPPEDA LITBANG– Komitmen untuk mencapai pelaksanaan pembangunan inklusi serta upaya pemenuhan hak-hak disabilitas begitu kuat. Salah satunya melalui Gelar Peringatan HDI alias Hari Disabilitas Internasional dan Pengukuhan Bunda Inklusi.

Senin (28/11), Bappeda Litbang Kota Probolinggo telah menggelar peringatan Hari Disabilitas Internasional dan pengukuhan Bunda Inklusi dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Kedopok Kota Probolinggo. Acara tersebut dihadiri oleh para Disabilitas, Jajaran Pejabat dilingkungan pemerintah Kota Probolinggo

Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin S.Pd, MM, MHP berkomitmen bahwa Pemerintah Kota Probolinggo akan menjadikan difabel sebagai bagian penting dari masyarakat dalam perannya sebagai subyek sekaligus objek pembangunan daerah.

Dalam laporannya, Kepala Bappeda Litbang Kota Probolinggo Drs. Tartib Goenawan, M.Si. mengatakan pembangunan inklusi dan pemenuhan hak-hak disabilitas sesuai dengan visi misi Wali Kota.

Kegiatan tersebut dimaksudkan sebagai salah satu bentuk atensi Pemerintah Kota Probolinggo bahwa melalui peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) yang jatuh pada tanggal 3 Desember, akan menjadi momentum kebangkitan sekaligus aktualisasi diri bagi penyandang disabilitas sebagai sumber daya penting dalam Pembangunan Daerah.

Adapun tujuan dari peringatan HDI di Kota Probolinggo Tahun 2022 ini adalah sebagai penegasan komitmen sekaligus kerja keras multi sektor dalam rangka mewujudkan Probolinggo Kota Inklusif Tahun 2024 dengan Tag line “Kita Bersama. Kita Bisa, Menjadikan Kota Probolinggo Ramah disabilitas”

Dalam sambutannya Bapak Wali Kota menyampaikan bahwa melalui kebijakan Pro Hadi, tanggal 3 Desember 2022 akan menjadi tonggak penting bahwa Pemerintah Kota Probolinggo akan menjadikan Difabel sebagai bagian penting dari masyarakat dalam perannya sebagai subyek sekakigus obyek Pembangunan Daerah.

Pada kegiatan tersebut juga dilaksanakan pengukuhan Ketua TP PKK Kota Probolinggo, Hj. Aminah Hadi Zainal Abidin, sebagai Bunda Inklusi Kota Probolinggo.

Disampaikan dalam sambutannya, Ketua TP PKK Kota Probolinggo menyampaikan bahwa untuk menuju Kota Probolinggo Inklusi 2024 Tim Penggerak PKK akan mengerahkan segenap sumber daya sampai tingkat Kelurahan, RW dan RT untuk mengajak, membantu dan memberdayakan seluruh keluarga besar disabilitas agar terlibat secara aktif dalam proses pembangunan dan pemberdayaan disabikitas itu sendiri.

Kegiatan ini dhadiri oleh segenap Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, Kepala Cabang Bank Jatim Kota Probolinggo, Dewan Pengurus Korpri, Narasumber ibu Luluk Aryanti dari yayasan Pelopor Peduli Disabilitas Situbondo (PPDiS), Direktur Sigab Jogjakarta, Ketua TP PKK Kota Probolinggo. dil

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami bappedalitbang@probolinggokota.go.id

× LAYANAN ONLINE