Wali Kota Habib Hadi Sampaikan LKPJ 2021

KANIGARAN – Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun 2021 pada Rapat Paripurna DPRD, di Ruang Sidang Utama, kantor DPRD Kota Probolinggo, Senin (21/3) siang. Penyerahan dokumen LKPJ 2021 ditandai dengan penandatanganan berita acara dokumen LKPJ oleh wali kota, Ketua DPRD Abdul Mujib, Wakil Ketua 1 DPRD Haris Nasution, dan Wakil Ketua 2 DPRD Fernanda Zulkarnaen.

Penyelenggaraan pemerintahan daerah dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum dan daya saing daerah. Penyampaian LKPJ kepala daerah merupakan penjabaran hasil kinerja pembangunan secara konstitusional yang harus disampaikan oleh kepala daerah setelah berakhirnya tahun anggaran.

Sebagaimana telah diamanatkan dalam PP 13/2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintahan daerah. Wali kota Habib Hadi menyampaikan pelaksanaan program-program unggulan yang menjadi prioritas pada kepemimpinannya. Diantaranya pada tahun 2021 dilakukan pembangunan rumah sakit baru (Ar Rozy), revitalisasi pasar baru, revitalisasi alun-alun, penambahan sarpras layanan damkar, pendidikan gratis dan seragam gratis bagi siswa SD/MI dan SMP/MTSN dan beasiswa S1 untuk anak dari keluarga kurang mampu.

Selanjutnya, perolehan nilai total MCP dari KPK RI sebesar 93,60 merupakan nilai tertinggi kedua se- Provinsi Jatim dan urutan 18 nasional. Pemberian perlindungan program BPJS Ketenagakerjaan bagi nelayan, GTT dan PTT juga 1.000 guru ngaji/guru sekolah minggu/pasraman dan klenteng.

Juga pemberian paket data untuk Ketua RT/RW, pelatihan kerja disertai dengan pemberian bantuan peralatan untuk wirausaha baru sehingga tumbuh 1.000 wirausaha/UMK baru.

Pendampingan usaha termasuk perizinan dan sertifikasi halal, penerbitan 4.751 kartu e-UMKM pintar, konservasi pantai permata serta bantuan untuk penyandang disabilitas dan rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH), hibah jasa listrik untuk rumah ibadah.

Tak hanya program unggulan saja yang disampaikan pada kesempatan itu. Habib Hadi juga mengemukakan sejumlah capaian kinerja keberhasilan Kota Probolinggo selama tahun 2021. Diantaranya adalah Opini WTP atas Laporan Keuangan Daerah Tahun 2020, penghargaan dari Komisi ASN yakni Anugerah Meritokrasi Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN kepada instansi pemda kategori baik dengan nilai 271,5. Penghargaan KLA tahun 2021 dengan tingkat Nindya, Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2021 dengan kategori utama, dan masih banyak lagi.

Dengan demikian ia atas nama Pemerintah Kota Probolinggo mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada segenap elemen masyarakat yang turut bersama-sama berupaya menciptakan situasi kondusif di Kota Probolinggo. “Sehingga tugas dan tanggung jawab dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di Kota Probolinggo dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan tertib,” tutupnya. https://probolinggokota.go.id

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami bappedalitbang@probolinggokota.go.id

× LAYANAN ONLINE