Inspektorat Sosialisasikan Pengisian SPIP di Bappeda Litbang

PENTING: Narasumber dari Inspektorat Kota Probolinggo menjelaskan mengenai pentingnya SPIP dalam proses penyelenggaraan pemerintahan dalam kalangan internal Pemkot Probolinggo.

SUKABUMI – Inspektorat Kota Probolinggo mengunjungi Kantor Bappeda Litbang setempat untuk mensosialisasikan pengisian Sistem Pengendalian Intern Pemerintah atau SPIP. Hadir sebagai narasumber, Faida Normawati yang menjabat sebagai Pengawas Pemerintahan Muda dan Firly Wulandari, Auditor Muda.

Dalam kegiatan yang dimulai pada pukul delapan pagi ini, Faida menjelaskan pentingnya SPIP dalam tata kelola pemerintahan. “SPIP memiliki posisi sebagai upaya preventif untuk pengendalian dan pengurangan potensi – potensi pelanggaran terhadap ketentuan – ketentuan dan peraturan yang berlaku. Bappeda Litbang sendiri hasilnya cukup baik. Artinya tata kelola organisasi di Bappeda Litbang sudah bagus,” jelasnya.

Acara ini sendiri merupakan tindak lanjut dari rapat penyampaian hasil validasi survey maturitas SPIP tahun 2021, pada hari Jumat, 30 April 2021 lalu. Dalam paparannya, Firly Wulandari juga menyampaikan mengenai posisi SPIP dalam proses pengendalian internal akan melengkapi pengendalian eksternal yang sudah ditegakkan pemerintah. Seperti melalui lembaga kepolisian, kejaksaan, pemberantas korupsi, pengawas keuangan maupun lembaga peradilan lainnya.

Tahun 2020 lalu, Pemerintah Kota Probolinggo meraih piagam maturitas SPIP level 3 dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan(BPKP). Posisi level 3 mencakup lingkungan pengendalian, manajemen resiko, kegiatan pengendalian, informasi dan komunikasi serta pemantauan pengendalian internal. (rifqi amalia)

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami bappedalitbang@probolinggokota.go.id

× LAYANAN ONLINE