PINPRO SISIKANAN (PENGENDALIAN INFLASI KOTA PROBOLINGGO MELALUI PROMOSI HASIL PERIKANAN )

Pinpro Sisikanan menjadi inovasi unggulan dari Bagian Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Probolinggo untuk mengatasi inflasi. Pinpro Sisikanan merupakan akronim dari pengendalian inflasi kota probolinggo melalui promosi hasil perikanan. Inovasi ini dilahirkan setelah pada kurun waktu tahun 2016 – 2019 tingkat inflasi bulanan yang terjadi di Kota Probolinggo mengalami kenaikan. Salah satunya disebabkan oleh kenaikan harga komoditi perikanan seperti ikan Tongkol, Kembung, Kerapu, Angoli, Kuisi, Lencam, Suanggi, Mata Lebar, ikan blosso, Jenggelak, Mangla, Selar, Cakalang.
Disisi yang lain Kota Probolinggo, yang berada di pesisir utara Pantai Jawa, memiliki bentang pantai sepanjang, 7 km dari barat ke timur, Kecamatan Kademangan dan Mayangan. Untuk itu Pemkot Probolinggo melakukan beberapa program yang berkaitan dengan pemanfaatan hasil perikanan. Pengenalan berbagai jenis ikan kepada masyarakat baik melalui sosialisasi maupun peningkatan strategi pemasaran (via online maupun offline) sebagai upaya menjaga tingkat harga ikan agar stabil (tidak bergejolak).

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami bappedalitbang@probolinggokota.go.id

× LAYANAN ONLINE