Forum OPD Bidang Ekonomi Hasilkan 9 Arah Kebijakan untuk RKPD Tahun 2022

Sukabumi-Dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2022, Bappeda Litbang Kota Probolinggo menyelenggarakan Forum Organisasi Perangkat Daerah Bidang Ekonomi pada Selasa (16/3) lalu. Rapat koordinasi tersebut mengundang perwakilan dari 5 OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan perwakilan FK LPM (Forum Komunikasi Lembaga Pemberdayaan Masyarakat). Forum komunikasi tersebut dalam rangka menyelaraskan program bidang ekonomi tahun 2022 sekaligus sinkronisasi pelaksanaan urusan pemerintahan daerah untuk merumuskan program dan kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Dalam acara yang diselenggarakan Ruang Pertemuan Bappeda Litbang Lt 2 tersebut, Kepala Bappeda Litbang Kota Probolinggo, Tartib Goenawan mengatakan, tujuan dilaksanakannya acara ini untuk menyelaraskan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD di kecamatan untuk renja (rencana kerja) perangkat daerah kota.
“Bila usulan proram sudah selaras, harapannya pencapaian sasaran lebih optimal. Sesuai dengan kewenangan masing-masing OPD, prioritas pembangunan daerah ini harus dilaksanakan nantinya,” jelasnya.

Kepala Bidang Ekonomi pada Bappeda Litbang Kota Probolinggo, Sena Setyoaji mengatakan, Forum OPD ini dilaksanakan juga dalam menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing OPD. “Ada 9 arah kebijakan dalam bidang Ekonomi yang dihasikan dari forum ini. Salah satunya, meningkatkan produktivitas dan produksi melalui pengelolaan sektor pertaniaan dan perikanan berbasis korporasi,” jelasnya.

Sementara arah kebijakan lainnya antara lain, meningkatkan daya tarik penanaman modal dan kebijakan investasi, mempercepat pengembangan pengelolaan destinasi wisata dan mengembangkan sumberdaya dan pemasaran pariwisata serta ekonomi kreatif. Juga mendorong penerapan teknologi pertanian dan perikanan tepat guna, meningkatkan kualitas konsumsi guna menjamin keamanan pangan dan memperkuat ekonomi kerakyatan melalui peningkatan SDM dan penguatan kelembagaan koperasi. Serta meningkatkan kapasitas pelaku usaha untuk mendorong daya saing produk usaha dan peningkatan sarana perdagangan dan penguatan pengelolaan pasar rakyat. (rifqiamalia)

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami bappedalitbang@probolinggokota.go.id

× LAYANAN ONLINE