Musrenbang, Petani-Peternak Diminta Melek Teknologi

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) bagi kelompok tani dan ternak digelar di Orin Hall Café dan Resto, Kamis siang (6/2) . Wakil Wali Kota Mochammad Soufis Subri dalam sambutannya mengupayakan Kota Probolinggo menjadi kota wisata melalui petani dan peternak.

Giat ini merupakan upaya pemerintah kota dalam rangka menggali seluruh informasi dari petani dan peternak. “Petani maju dapat meningkatkan sektor wisata bagi Kota Probolinggo, seperti kulinernya dan tanaman-tanaman yang menjadi ciri khas kota, yakni mangga dan anggur,” buka Subri dihadapan peserta kurang lebih 160 orang, berasal dari kepala OPD terkait, 5 kecamatan, kelompok tani, kelompok wanita tani, kelompok ternak dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL).

Menurutnya, di era digital seperti ini petani dan peternak harus melek teknologi, agar bisa mengakses peluang-peluang yang ada, anak-anak muda diharapkan lebih aware pada pertanian. “Petani dan peternak merupakan salah satu ujung tombak pembangunan Kota Probolinggo, karena pertanian merupakan kebutuhan primer. Anak-anak muda supaya aware balik lagi ke pertanian. Jika semakin lama dibiarkan tinggal menunggu waktu Probolinggo akan kehilangan pangan di kotanya sendiri,” ujar Subri.

Mengambil tema Mendorong Penerapan Inovasi dan Teknologi Kelompok Tani dan Kelompok Ternak untuk Mewujudkan Pereknonomian berdaya saing, Kepala Bidang Ekonomi Bappeda Litbang Dwi Agustin Puji Rahaju, melaporkan kegiatan ini merupakan proses pembinaan dalam upaya peningkatan produksi pertanian khususnya komoditas tanaman pangan dan hortikultura. Pada kegiatan ini disampaikan teknologi-teknologi terapan yang mudah dilaksanakan oleh petani dan peternak.

Disamping itu, kegiatan ini menerangkan tentang bimtek alat dan mesin pertanian (alsintan), rehabilitasi jaringan irigasi tersier, pelatihan olahan pangan, teknologi pengolahan pangan, sosialisasi pasca panen, KRPL, posyandu ternak, sapi kereman, gerakan minum susu dan makan daging, transfer embrio, satu kali inseminasi, pembuatan peta digital kesehatan hewan dan surveillans, pembuatan pakan inovasi pakan yang dipaparkan oleh Sekretaris Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Yoyok Imam Iswahyudi. Sedangkan prioritas arah kebijakan pembangunan Kota Probolinggo tahun 2021 disampaikan Kepala Bappeda Litbang Rey Suwigtyo. Kelompok terbagi dalam diskusi, infrastruktur, ekonomi dan kelompok sosial budaya.