MULAI SUSUN RENCANA PENGANGGARAN RESPONSIF GENDER

06 06 2017 gender

Dalam upaya pencapaian good governance, pembangunan yang berkelanjutan serta pencapaian target – target sustainable development goals (SDGs), peningkatan pengarusutamaan gender memang diperlukan. Sebagai langkah awal, hari ini (06/04), Bappeda Litbang menyelenggarakan rapat koordinasi pelaksanaan perencanaan penganggaran responsif gender (PPRG) di ruang rapat Bappeda Litbang lantai 1. Selain Sekretaris dan 4 kepala bidang pada Bappeda Litbang Kota Probolinggo, juga dihadiri oleh Tim driver PPRG yang terdiri atas BPPKAD, Inspektorat, DP3AKB dan Kesra.

Rapat koordinasi pelaksanaan PPRG ini, dipimpin oleh M. Sonhadji, sekretaris Bappeda Litbang. Dalam sambutannya, M.Sonhadji menjelaskan bahwa maksud dilaksanakannya pengarusutamaan gender ini adalah sebagai penguatan komitmen organisasi perangkat daerah (OPD) dan pihak terkait dalam pelaksanaan pengarusutamaan gender di Kota Probolinggo. Dengan melakukan analisis Gender Analisis Pathway (GAP) dan Gender Budget Statement (GBS) oleh masing – masing OPD dengan menyesuaikan program dan kegiatan. “Hasil analisis akan menjadi dasar OPD dalam menyusun kerangka acuan kegiatan” terang M. Sonhadji.

Untuk pelaksanaan analisis gender tahun 2017, lebih dititik beratkan pada analisis program, sehingga bisa diketahui besaran anggaran biaya yang dibutuhkan oleh masing-masing OPD. Sedangkan untuk analisis GAP dan GBS, masing tetap dengan sebelumnya, yang membedakan hanya pada materi Term of Reference (TOR). Dan TOR tersebut disusun berdasarkan pada masing-masing kegiatan yang ada dalam program tersebut.

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami bappedalitbang@probolinggokota.go.id

× LAYANAN ONLINE