Pemerintah Kota Probolinggo Komitmen Perbaikan Akuntabilitas Kinerja

JAKARTA – Pemerintah Kota Probolinggo mendatangi Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dalam rangka untuk menyampaikan komitmen terkait penerapan sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP). Selain komitmen yang ditunjukkan secara serius dan tidak main-main, Pemkot Probolinggo juga berkonsultasi terkait perbaikan seperti apa yang seharusnya dilakukan oleh Pemkot Probolinggo untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik.

Rombongan Pemkot Probolinggo yang hadir diantaranya adalah Sekretaris Daerah, Asisten Administrasi, Inspektorat, Biro Organisasi, Bappeda dan Bagian Keuangan. Sekretaris Daerah Probolinggo, Johny Hayanto mengungkapkan bahwa dirinya dan jajarannya berkomitmen untuk memperbaiki akuntabilitas kinerja di Kota Probolinggo yang pada tahun lalu hanya mendapat predikat C.

“Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang berkaitan langsung dengan akuntabilitas kinerja mulai dari perencanaan, pengukuran, pelaporan dan evaluasi,” katanya.

Kepala Bidang Penyiapan Perumusan Kebijakan Reformasi Birokrasi, Aan Syaiful Ambia, menyarankan kepada Pemkot Probolinggo agar melakukan perbaikan mulai dari perencanaan seperti perbaikan tujuan, sasaran dan indikator dalam RPJMD dan rencana strategis yang selaras dengan dokumen perencanaan tahunan seperti Perjanjian Kinerja.

“Selain itu dalam Pengukuran Kinerja juga harus jelas indikator dan cara perhitungannya. Dengan perbaikan-perbaikan seperti itu, dapat meningkatkan akuntabilitas kinerja di Kota Probolinggo,” katanya. www.menpan.go.id

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami bappedalitbang@probolinggokota.go.id

× LAYANAN ONLINE