DENNA, Satu Bahan Multi Produk

Membahas masalah panganan yang ada di Kota Probolinggo, banyak produk yang telah dihasilkan. Salah satunya adalah panganan produk Denna, UKM yang berada di Kelurahan Pilang, Kecamatan Kademangan Kota Probolinggo. Ketika penulis bertamu ke rumah produksi Denna, Aris Purnamaseta, pemilik produk Denna sedang istirahat. “Maaf, saya baru pulang dari banyuwangi. Monggo silahkan masuk” sapa Aris dengan ramah.

Aris yang masih memakai kaos putih, masuk kembali ke kamarnya berganti hem berwarna coklat muda. Selanjutnya, pemilik produk Denna menceritakan tentang usaha yang sedang digelutinya. Denna sebenarnya adalah singkatan dari Dendeng Tuna, namun karena sudah familiar di telinga masyarakat, akhirnya Denna menjadi nama perusahaan. “Istriku kan namanya Dina, setiap dia sedang ada pertemuan, selalu dipanggil bu Denna” sambil tertawa kecil.

Denna lebih bergerak di pengolahan makanan berbasis perikanan, karena potensi perikanan di Kota Probolinggo cukup besar. Olahan awal adalah dendeng tuna yang kemudian berkembang menjadi multi produk. Abon Tuna ala jepang, abon tuna yang ditambah dengan sayuran kering. Dan abon tuna kidz, abon tuna untuk anak anak yang tekstur abonnya lebih halus.

Selain bahan ikan tuna, Denna juga menggunakan bahan dari ikan lele. Bahan yang satu ini telah diolah dengan maksimal oleh Aris menjadi multi produk. Kulit lele dibuat untuk Rambak Kulit Lele, tentunya lele yang dibutuhkan berukuran besar. Namun jarang diproduksi karena keterbatasan bahan baku.

Daging lele diolah menjadi Abon Lele yang selalu diproduksi karena lele yang dibutuhkan ukuran medium atau satu kilogram berisi tiga ekor. Kemudian dikembangkan lagi menjadi abon lele kidz untuk anak – anak dan kacang abon, yaitu kacang yang dilapisi dengan abon lele. Dan yang terakhir adalah Krupuk Tulang Ikan Lele, tulang yang diolah sedemikian rupa oleh Aris dan bisa dipasarkan. “untuk lele, pengolahannya sudah zero waste, karena isi perut ikan lele dikembalikan lagi ke kolam untuk pakan lele” terang Aris.

Selain bahan olahan ikan tuna dan ikan lele, Denna juga memproduksi kacang madu, kacang pedas dan keripik pisang madu. Kemasan produk Denna sudah layak untuk masuk ke dalam pasar modern dan hypermart. Apabila ingin menikmati produk inovatif dari UD. Denna, bisa menghubungi 0812 3476 467 atau datang langsung ke Perum. Kademangan Asri blok A no. 16 Kota Probolinggo.

×

Apakah anda mempunyai pertanyaan?

Klik salah satu perwakilan kami di bawah ini untuk mengobrol di WhatsApp atau mengirim email kepada kami bappedalitbang@probolinggokota.go.id

× LAYANAN ONLINE