Profil BAPPEDA Kota Probolinggo

PDF | Print |

Pada tahun 1978 Gubernur Kepala Daerah Jawa Timur mengintruksikan kepada semua Bupati/Walikota di Jawa Timur agar membentuk organisasi baru yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Atas dasar hal tersebut, maka Pemerintahan Daerah Kota Probolinggo membentuk Badan Perencanaan Pembangunan yang pertama.

Untuk membentuk Kantor Bappeda seluruh Daerah Tingkat II se Jawa Timur telah diterbitkan Surat Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Jawa Timur Nomor BPPD.053/388/1980 tanggal 23 Mei 1980 tentang Pembentukan BAPPEDA Tingkat II. Surat Keputusan ini dibuat dengan memperhatikan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 185 Tahun 1980 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Tingkat I dan Tingkat II.

Dalam kapasitas sebagai entry point pembangunan daerah itulah keberadaan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Probolinggo  dibentuk untuk menjalankan tugas pokok untuk melaksanakan kewenangan di bidang perencanaan pembangunan daerah, sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kota Probolinggo Nomor 7 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Teknis Daerah. Seiring dengan waktu dimulai dari awal dibentuknya organisasi baru BAPPEDA dengan pemimpin  yang   telah   berganti   berdasarkan urutan sebagai berikut :

Pejabat Ketua/Kepala Bappeda

No NAMA  JABATAN
1 Drs. SLAMET RAHARDJO Ketua Bappeda Kotamadya Daerah Tingkat II Probolinggo
2 Drs. H. ABDUL AZIS Ketua Bappeda Kotamadya Daerah Tingkat II Probolinggo
3 Drs. H. BANDYK SUTRISNO, M.Si Ketua Bappeda Kotamadya Daerah Tingkat II Probolinggo
4 Drs. H. SOEYANTO Ketua Bappeda Kotamadya Daerah Tingkat II Probolinggo
5 Drs. H. JOHNY HARYANTO, M.Si Kepala Bappeda Kota Probolionggo
6 Ir. BUDI KRISYANTO, M.Si Kepala Bappeda Kota Probolinggo 
7 Ir. H. SANUSI SAPUWAN, MT Kepala Bappeda Kota Probolinggo
8 Ir. IMANTO, MT Kepala Bappeda Kota Probolinggo
9 H. NUR KHAMDANI, ST., MT Kepala Bappeda Kota Probolinggo


Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kota Probolinggo berada di Jalan Soekarno Hatta No. 52 Probolinggo. Kantor Bappeda Kota Probolinggo berada di dekat kawasan perbankan (Bank Bukopin dan Bank Mega) dan pertokoan (Giant Hypermarket dan Toko Pakaian Sedulur).

Kantor BAPPEDA saat ini menempati gedung baru 2 lantai yang diresmikan oleh Bapak Walikota Probolinggo, Bapak HM.Buchori, SH, M.Si pada tanggal 28 Januari 2011. Pada lantai 1 terdiri dari  beberapa ruangan antara lain Ruang Kepala Bappeda, Ruang Sekretariat, Ruang Bidang Fisik dan Prasarana, Ruang Rapat/Pertemuan, Ruang Sekretariat Pokja Sanitasi, Mushola, Dapur dan 2 Kamar Mandi. Sedangkan pada lantai 2 terdiri dari Ruang Bidang Ekonomi, Ruang Bidang Sosial Budaya, Ruang Bidang Data dan Litbang, Ruang Rapat/Pertemuan, Ruang Sekretariat Kota Sehat, Ruang Sekretariat USAID dan 2 Kamar Mandi.