Bidang Perencanaan, Pembiayaan, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan

PDF | Print |

(1)    Bidang Perencanaan, Pembiayaan, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai tugas merencanakan, melaksanakan, mengoordinasikan dan mengendalikan kegiatan, perumusan, penyusunan, pelaksanaan pengawasan, evaluasi dan pelaporan dibidang perencanaan, pembiayaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan yang meliputi perencanaan pembangunan, pembiayaan pembangunan, monitoring, evaluasi dan pelaporan.
(2)    Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Bidang Perencanaan, Pembiayaan, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan mempunyai fungsi :
a.    perumusan rencana kerja dibidang perencanaan, pembiayaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan yang meliputi perencanaan pembangunan, pembiayaan pembangunan, monitoring, evaluasi dan pelaporan;
b.    perumusan kebijakan teknis dibidang perencanaan, pembiayaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan yang meliputi perencanaan pembangunan, pembiayaan pembangunan, monitoring, evaluasi dan pelaporan;
c.    pelaksanaan koordinasi, fasilitasi dan pembinaan tugas dibidang perencanaan, pembiayaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan yang meliputi perencanaan pembangunan, pembiayaan pembangunan, monitoring, evaluasi dan pelaporan;
d.    pelaksanaan pengawasan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan dibidang perencanaan, pembiayaan, monitoring, evaluasi dan pelaporan yang meliputi perencanaan pembangunan, pembiayaan pembangunan, monitoring, evaluasi dan pelaporan; dan
e.    pelaksanaan fungsi dinas lainnya yang diberikan oleh Kepala Badan sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Pasal 11
(1)    Subbidang Perencanaan Pembangunan, mempunyai tugas :
a.    menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Subbidang Perencanaan Pembangunan;
b.    menyusun rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Subbidang Perencanaan Pembangunan;
c.    membagi tugas, memberi petunjuk dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
d.    menyiapkan bahan perumusan kebijakan berkaitan dengan Subbidang Perencanaan Pembangunan;
e.    menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan program dan kegiatan Subbidang Perencanaan Pembangunan;
f.    menyiapkan bahan koordinasi perumusan dokumen perencanaan Daerah meliputi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis (RENSTRA) SKPD, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD);
g.    menyusun bahan untuk perumusan dokumen perencanaan Daerah meliputi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Strategis (RENSTRA) SKPD, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD);
h.    menyusun kebijakan umum APBD dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA PPAS);
i.    melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Subbidang Perencanaan Pembangunan;
j.    menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta realisasi anggaran Subbidang Perencanaan Pembangunan; dan
k.        melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pembiayaan, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
(2)    Subbidang Pembiayaan Pembangunan, mempunyai tugas :
a.    menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Subbidang Pembiayaan Pembangunan;
b.    menyusun rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Subbidang Pembiayaan Pembangunan;
c.    membagi tugas, memberi petunjuk dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
d.    menyiapkan bahan perumusan kebijakan berkaitan dengan Subbidang Pembiayaan Pembangunan;
e.    menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan program dan kegiatan Subbidang Pembiayaan Pembangunan;
f.    menyiapkan bahan penyusunan kebijakan rencana alokasi pembiayaan pembangunan;
g.    menyusun perencanaan pembangunan daerah bersumber pendanaan global;
h.    menyusun perencanaan pembangunan daerah bersumber pendanaan CSR;
i.    mendorong perencanaan pembangunan daerah bersumber dari APBN, APBD Provinsi, dan APBD Daerah;
j.    mendorong perencanaan pembangunan daerah bersumber dana lain-lain yang sah;
k.    melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Subbidang Pembiayaan Pembangunan;
l.    menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta realisasi anggaran Subbidang Pembiayaan Pembangunan; dan
m.    melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pembiayaan, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan sesuai dengan tugas dan fungsinya.
(3)    Subbidang Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan, mempunyai tugas :
a.    menghimpun dan menelaah peraturan perundang-undangan, petunjuk teknis, petunjuk pelaksanaan dan pedoman/ketentuan lain berkaitan dengan Subbidang Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan;
b.    menyusun rencana program dan kegiatan serta pelaksanaan pada Subbidang Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan;
c.    membagi tugas, memberi petunjuk dan mengevaluasi hasil kerja bawahan dalam pelaksanaan tugas;
d.    menyiapkan bahan perumusan kebijakan berkaitan dengan Subbidang Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan;
e.    menyiapkan bahan koordinasi dengan instansi terkait dalam pelaksanaan program dan kegiatan Subbidang Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan;
f.    mengoordinasikan dan menyusun Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah;
g.    melaksanakan Pengukuran Kinerja SKPD;
h.    melaksanakan evaluasi terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan;
i.    menyusun laporan perencanaan pembangunan;
j.    melaksanakan pemantauan dan pengevaluasian pelaksanaan program dan kegiatan Subbidang Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan;
k.    menyusun laporan pelaksanaan program dan kegiatan serta realisasi anggaran Subbidang Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan; dan
l.    melaksanakan tugas dinas lain yang diberikan oleh Kepala Bidang Perencanaan, Pembiayaan, Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan sesuai dengan tugas dan fungsinya.