Memanfaatkan Komunitas Kuliner Di Facebook Dalam Memasarkan Produk Unggulan Daerah (PUD) Kota Probolinggo

PDF | Print |

Penggunaan internet sekarang ini berkembang sangat pesat. Penggunaan internet yang bertumbuh pesat juga terjadi di negara kita, Indonesia. Internet sekarang ini menjadi salah satu kebutuhan bagi masyarakat Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) jumlah pengguna Internet di Indonesia pada tahun 2014 sudah mencapai 57% penduduk, atau kasarnya mencapai hampir 137 juta pengguna. Melalui dunia internet, masyarakat Indonesia dapat melakukan berbagai kegiatan, antara lain untuk kegiatan online marketing, social network, chatting, membaca berita, menemukan info mengenai suatu hal, dan masih banyak lagi. Dan yang sedang trend saat ini adalah istilah “Demam Sosmed” atau Demam Sosial Media.

Media sosial terdiri dari aktivitas yang melibatkan sosialisasi dan jaringan online yang menggunakan kata-kata, gambar dan video. Media sosial menegaskan kembali bagaimana kita berhubungan satu sama lain sebagai manusia dan bagaimana kita sebagai manusia  berhubungan dengan organisasi yang melayani kita. Ini semua tentang dialog-diskusi dua arah yang membawa orang bersama-sama menemukan dan membagikan informasi. Adanya penggunaan internet melalui media sosial, telah menghadirkan sebuah web forum yang dapat membentuk suatu komunitas online. Media sosial telah merubah cara kebanyakan orang untuk berkomunikasi dan bekerja sama, tidak hanya secara pribadi melainkan juga secara profesional.

Di Indonesia sosial media bukanlah suatu yang asing lagi di mata publik, bahkan sosial media bisa dikatakan kebutuhan sehari-hari dan tidak heran jika ada sebagian orang yang hanya menghabiskan waktu mereka untuk bermian game dan bersosial media saja. Kita bisa melihat dimana-mana banyak orang menggunakan gadget untuk mengakses sosial media dan salah satu sosmed yang terkenal saat ini adalah Facebook. Sekarang ini pengguna facebook di Indonesia hampir mencapai 70 juta, yaitu menurut riset yang dilaporkan melalui blogs.wsj.com, bahwa pengguna Facebook di Indonesia pada bulan Juni 2014 mencapai 79 Juta User.  Maka tidak heran dengan kecendrungan tersebut banyak para pembisnis yang memasarkan atau mempromosikan produk mereka melalui Facebook. Salah satunya adalah dengan menciptakan komunitas/ membuat fan page facebook.

Unduh